Friday 9 September 2011

I’tikaf

Pengen share pengalaman I’tikaf nih

Haloooo, ada yang Ramadhan kemarin sempet I’tikaf? Kalo ada bagi-bagi cerita dan tips yuuk. Saya kemarin alhamdulillah tidak sibuk apapun jadinya bisa menyempatkan diri… Kalo yang belum sempat ayo ayo taun depan dicoba deh, sebelumnya baca postingan ini dulu aja ;P

Asyik looo, tapi yang saya tau baru masjid-masjid tertentu di daerah surabaya aja sih. hehehe

Yang pertama di masjid Agung atau masjid Al akbar Surabaya. Di masjid Agung yang I’tikaf banyaaak banget, ya iyalah namanya juga masjid nasional. karena bangunannya gede dan luas, jadinya sejuk, angin bertiup, gak banyak nyamuk, dan banyak temennya. Kalo nggak bawa alQur’an, banyak banget alQur’an disini, bisa tadarusan sampe malem. Ada juga kursi lipatnya, kayaknya sih lumayan nyaman, tapi tempatnya tersembunyi, kemarin sih aku liat ada di dalemnya replika kakbah. Kalo waktu buka puasa dan sahur, masjid agung nyediakan makanan kok, ada kurma juga. makannya nasi bungkusan gitu, aku juga ngelihat ada yang kotakan tapi nggak tahu itu dari masjid atau dari rombongan tertentu (banyak rombongan dari luar kota lo). trus juga ada tempat khusus buat makannya, biar nggak mengotori masjid. Untuk fasilitas tempat wudhunya, luaaaaaas banget jadi nggak ngantri, cuma kalo lagi jam rame misalnya waktu maghrib atau shubuh biasanya airnya jadi sedikiiit, jadi mending wudhu sebelumnya aja. Sholat tarawih dimulai setelah sholat isya dan khutbah. Jumlah rakaat 23, tapi banyak yang habis rakaat ke 8 langsung bubar buat sholat witir sendiri. Selanjutnya, bakalan lebih nyaman kalo bawa alas tidur atau selimut, yaaa gak usah bawa kasur juga, apalah buat alas biar nggak masuk angin. Nah kalo udah jam 1 atau setengah 2 malem, sebaiknya bangun deh, soalnya sekitar jam dua bakal ada tahajud berjamaah plus sholat tasbih dan hajat. Aku yang sebelumnya belum pernah sholat tasbih dan hajat jadi pernah deh, kan kata Allah paling nggak pernah ngelakuin sholat tasbih sekali seumur hidup. Waktu sholat malam berlangsung, lampu masjid dimatiin, biar tambah khusyuk.

Trus di masjid Nuruzzaman kampus B Unair. Kalo di Nuza kebanyakan yang I’tikaf mahasiswa. Waktu itu aja aku bareng sama akhwat assalam FK Unair. Di Nuza disediain ta’jil dan juga nasi kotak buat buka. Untuk tarawih, buat cewek bisa di lantai dua, atau di lantai satu, biasanya yang di lantai satu itu penduduk sekitar gitu.Habis tarawih yang ada cuma di atas buat yang cewek. Tarawihnya 8 rakaat dan ada khutbahnya sebelumnya. Habis itu bebas deh tadarus sepuasnya. Disini tempat wudhunya lumayan luas buat orang yang nggak terlalu banyak kayak di masjid agung, ada kamar mandinya tapi nggak boleh buat mandi, jadi nggak bisa mandi disini deh. hehehe. trus, ada peminjaman rukuhnya, untuk alQur’an, emmm kayaknya ada tapi nggak terlalu banyak. tips yang mau I’tikaf di Nuza, bawalah lotion anti nyamuk. banyaaaaaak banget nyamuknya. Tapi enaknya disini, cewek tempatnya di atas dan gak bakal ada cowok yang lewat. Jam setengah dua ada sholat tahajud berjamaah juga. Oiya dari mulai tarawih, ada mbak mbak takmir masjid yang muter-muter ngedarin kertas buat ngedata siapa yang mau I’tikaf, nanti waktu sahur biar bisa dapet makan dan minum. Setelah sholat Shubuh ada kajian tafsir nya juga lo.

Walau nggak sempet I’tikaf disana paling nggak aku sedikit tahu. yang pertama di masjid apa ya namanya? pokoknya di depan RSUD punyanya SD Muhammadiyah sebelahnya lapangan Hokky. Masjidnya baguuuuuus deh. ada ACnya juga. Nyaman banget. Tapi aku malah takut ketiduran pules disana. hehehe. Waktu itu aku dateng, pak takmirnya nawarin buka nasi bungkus yang masih banyak banget, so jangan takut kehabisan nasi disini. trus dibawah ada buku, siapa yang mau I’tikaf tinggal tulis data diri disana. Pasti dapet sahur juga. Tapiiii nggak enaknya adalah, tempat wudhu ceweknya sempit, hehe. kayak jalan satu arah. nggak papa, pake trik ku tadi aja, wudhunya sebelum jam rame. Yang kedua di masjid al Irsyad. Sebenernya pengen sih kesana, tapi jauh dari rumah saya. Jadi waktu itu saya cuma denger lewat radio. Dari jam 12 malem udah mulai sholat tahajud, imamnya orang Arab jadi kayak di Arab beneran. Mana masjidnya guede juga. Tapi terus terang saya masih belum kuat, bacaannya panjang-panjang sekali… hehehe.

Tips lainnya kalo mau I’tikaf adalah, mending bawa minum yang lumayan banyak, lumayan haus lo apalagi kalo tadarusnya lama, bawa hand sanitizer untuk keperluan makan biar praktis, bawa alQur’an, mukena, dan sajadah sendiri biar nggak pinjem-pinjem, jaga barang-barang pribadi, jangan sampe hilang. sandal sepatu bisa dititipkan atau di masukkan ke dalam tas kresek trus dimasukkin lagi ke tas. Lebih asyik lagi kalo bareng-bareng sama teman-teman, asal jangan malah jadi ngobrol terus, yang ada malah jadi pajamas party deh bukannya I’tikaf.

Semoga tahun depan bisa I’tikaf lagi, pengen ke masjid AlFalah, masjid mana lagi ya, masjidil haram… Amiiin…

2 comments:

  1. kalo mo itikaf di masjid agung al-akbar pake registrasi dulu gag?

    ReplyDelete
  2. Kalo saya waktu itu sih ga usah registrasi langsung saja datang

    ReplyDelete